PROSPEK PENGEMBANGAN BIOTEKNOLOGI KELAUTAN DAN PERIKANAN

1474537574808Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki biodiversitas perairan yang melimpah yang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi industri dan jasa di bidang bioteknologi. Saat ini berbagai produk bioteknologi yang menggunakan bahan baku marine added value yang tinggi. Berbagai produk seperti obat-obatan, enzim untuk keperluan industri telah membanjiri indonesia. Bioteknologi kelautan untuk farmasi, kosmetik, pangan, pakan dan produk  non konsumtif, memiliki peluang yang sangat besar untuk mengisi kebutuhan lokal dan internasional.

Industri bioteknologi kelautan belum begitu berkembang di Indonesia, meskipun beberapa perusahaan telah menggali potensinya secara komersil. Potensi sumberdaya hayati perairan untuk industri bioteknologi kelautan meliputi : 1) industri bioproses yaitu proses yang memanfaatkan organisme untuk menghasilkan berbagai produk dan jasa seperti bioenergi dari rumput laut dan mikroalga  2) Industri budidaya organisme perairan dan turunannya, seperti budidaya rumput laut untuk bahan obat dan kosmetik 3) Industri pengujian bahan-bahan berbahaya pada produk seafood melalui metode bioteknologi untuk meningkatkan keamanan dan daya saing ekspor 4) dan lain sebagainya.

Pengembangan industri bioenergi dari organisme perairan seperti biodisel dan bioetanol dari rumput laut dan limbah industri sampai saat ini masih dalam tahap penelitian, meskipun potensi pengembangannya sangat besar karena indonesia memiliki keragaman mikroalga yang tinggi dan sumber nutrisi yang melimpah dari limbah industri dan cahaya matahari sepanjang tahun.

Isu penting dan strategis yang dihadapi indonesia untuk menciptakan dan membangun industri dan jasa di bidang bioteknologi kelautan antara lain :

1.   Eksplorasi sumberdaya perairan untuk industri bioteknologi tidak memberikan dampak negatif bagi lingkungan

2.   Kurangnya pemahaman tentang bioteknologi kelautan oleh yang instansi terkait

3.   Belum adanya aturan yang jelas dalam implementasi dan pengembangan industri bioteknologi kelautan

4.   Belum terbentuknya kemitraan yang ekstensif antara lembaga riset dengan dunia usaha

Kedepan industri dan jasa bioteknologi berbasis kelautan yang berkelanjutan akan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan kemandirian bangsa dengan menyikapi dan menindak lanjuti issu penting di atas.

Kontributor:

Markus Sembiring,S.Pi.,M,I.L

Penyuluh Perikanan Muda

Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Langkat

TRANSLATE

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s